Gunung-Kemukus-Wisatawan-sekarang-berkunjung-setelah-renovasi
Umum

Gunung Kemukus: Wisatawan sekarang berkunjung setelah renovasi

Citra “gunung terkutuk” tidak akan lagi terasa di Gunung Kemukus. Pasalnya, gunung yang dulunya identik dengan ritual pesugihan ini kini berubah drastis menjadi tempat yang ramai dikunjungi wisatawan.

Gunung Kemukus: Wisatawan sekarang berkunjung setelah renovasi

Banyak penduduk lokal dan turis dari kota-kota di sekitar Sragen menghabiskan akhir pekan di sini.

Gunung-Kemukus-Wisatawan-sekarang-berkunjung-setelah-renovasi

Apalagi saat liburan panjang tiba, wajah baru gunung yang kini menjadi tempat wisata ini pasti akan jauh lebih ramai dikunjungi wisatawan.

Karena jumlah wisatawan yang datang bisa 2 sampai 3 kali lipat jumlah kunjungan di hari biasa.

Nah, mungkin sebagian dari Anda belum pernah menginjakkan kaki di sini; Atau penasaran bagaimana keramaian turis di gunung ini? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Surat tentang Gunung Kemukus

Gunung yang kini menjadi tujuan wisata solo hits ini kerap disebut sebagai pura. Karena memang ada tempat suci atau pura di atas bukit yang mengelilingi kawasan pegunungan.

Secara administratif, gunung yang sebenarnya merupakan bukit ini berada di Desa Pendem, Sragen, tepatnya di sisi utara Kabupaten Sragen.

Lokasinya sekitar 34 km dari pusat kota Sragen atau sekitar 29 km dari Keraton Mangkunegaran di Surakarta.

Dengan luas total 10 hektar, gunung keramat ini tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya 300 meter di atas permukaan laut seperti perbukitan pada umumnya.

Ada sejumlah tempat penting di sekitar gunung ini, yang kemudian menjadi tempat wisata juga.

Misalnya ada Waduk Kedung Ombo yang selalu penuh setiap akhir pekan. Banyak warga sekitar yang menjadikan area sekitar waduk sebagai area olahraga dan piknik.

Terkadang ada juga beberapa orang yang mendirikan tenda di sekitar waduk.

Ada juga makam keramat bagi penduduk setempat di atas bukit. Makam tersebut konon merupakan makam Pangeran Samudro. Letak makam ini sedikit menjorok ke area waduk.
Pasca Renovasi Gunung Kemuku

Tanya kemukus gunung

Sejak renovasi, tempat ini benar-benar berubah banyak. Tempat ini telah menjadi tujuan wisata yang populer. Jumlah kunjungan wisatawan meningkat drastis.

Ramainya kunjungan ini tentu bukan tanpa alasan. Menurut sebagian besar pengunjung, mereka sangat tertarik dengan dek baru yang terletak di tepi sungai.

Di bagian utara dek, wisatawan akan menemukan situs keramat, yaitu Sendang Ontrowulan.

Ada juga toko persewaan skuter listrik di area yang sama khusus untuk wisatawan yang ingin menjelajahi dek dengan skuter.
Biaya masuk ke Gunung Kemukus

Ada alasan peningkatan jumlah wisatawan di kawasan wisata gunung ini. Salah satunya adalah tiket masuk yang sangat murah.

Pengunjung juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya lain seperti parkir, sewa skuter listrik, bahkan makan dan minum.

Silakan temukan di bawah informasi terkini tentang biaya masuk dan biaya parkir:
Pembalasan Tarif
Tiket masuk Rp 5,000.00/orang
Biaya parkir motor Rp 3.000,00
Biaya parkir Rp 5,000.00

Harap dicatat bahwa harga di atas dapat berubah, terutama selama high season dan akhir pekan. Kenaikan tarifnya tidak terlalu signifikan, jadi Anda tidak perlu khawatir.
Objek wisata gunung kemukus

Tur gunung Kemuku

Anda dan pengunjung lainnya akan menemukan banyak hal menarik di sini. Sebut saja dek di sungai, seluncuran dengan skuter listrik dan banyak lainnya.

Untuk memberikan gambaran, berikut adalah gambaran singkat dari beberapa objek wisata di tempat ini.
Dek estetika

Dek di tepi sungai ini adalah salah satu tempat paling populer bagi sebagian besar pengunjung.

Secara visual, jika dilihat sepintas, dek ini sangat mirip dengan pedestrian street sepanjang Jalan Malioboro hingga kilometer nol.

Satu-satunya perbedaan adalah lokasi dek di sebelah sungai. Jadi dek di sini adalah semacam platform, tapi di sungai, bukan di laut.

Deck ini sudah memiliki sejumlah support menarik. Misalnya bangku di tepi geladak. Pengunjung bisa duduk santai di bangku-bangku ini dan menikmati pemandangan sungai di depan.

Bangku-bangku ini biasanya juga menjadi spot untuk selfie atau berfoto bersama. Tentunya dengan estetis lampu taman yang berjajar di pinggir teras sebagai background.
Meluncur dengan skuter listrik

Coba nikmati suasana malam disini dengan wahana seru ini. Ini disebut skuter listrik. Dengan wahana ini Anda tidak akan merasa lelah berjalan-jalan di sekitar area dek dan sekitarnya.

Skuter listrik ini tersedia dari sejumlah kios persewaan skuter di sisi utara dek. Pengunjung yang menyewa skuter listrik juga diberikan perlengkapan keselamatan seperti helm dan pelindung lutut

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja