22 Makanan Khas Lampung yang Terkenal & Wajib Anda Coba
Umum

22 Makanan Khas Lampung yang Terkenal & Wajib Anda Coba

22 Makanan Khas Lampung

22 Makanan Khas Lampung yang Terkenal & Wajib Anda Coba

Makanan khas Lampung menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Selain enak dan mampu menggoda lidah, aneka main course juga mudah ditemukan lho, dengan harga yang ramah backpacker. Tidak hanya makanan berat, tapi juga snack yang tidak boleh dilewatkan.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa makanan menjadi salah satu hal yang bisa melengkapi hari raya. Bagi yang menginap karena keadaan darurat, tak ada salahnya mencoba berbagai masakan di sini. Dengan bumbunya yang khas, dijamin Anda akan tergoda untuk menyiapkannya.

Seperti, Anda penasaran dan tidak sabar untuk menikmati berbagai rasa yang disajikan di sini? Baiklah, mari kita jelajahi terus cita rasa yang disuguhkan oleh warga Lampung, terutama bagi anda yang sedang berlibur atau bekerja dan tinggal di sini. Berikut adalah pilihan terbaik.

1. Kari taboh
makanan khas Lampung
Foto: https://www.instagram.com/jelitacookpad/

Menu pertama yang wajib kamu coba saat berada di Lampung adalah Gulai Taboh. Konon hidangan ini merupakan warisan leluhur yang bertahan hingga saat ini.

Makanan berkuah yang merupakan iringan jamuan makan.
Terbuat dari ikan laut dan ditambah dengan sayuran yang disebut daun tangkil.

ditambah kluwek. Jika dilihat, makanan ini akan lebih mirip dengan sayur lodeh. Untuk sajian menu yang lezat, ikan ini diasapi selama dua jam.

Menu yang satu ini bisa kamu temukan di berbagai restoran dan warung makan dengan harga mulai dari 10.000 saja,
2. Mie Lampung
Foto: https://www.instagram.com/voilajogja/

Makanan khas Lampung ini selalu menjadi incaran setiap wisatawan yang datang. Salah satu kelezatannya adalah tekstur mie yang lembut dan kenyal saat dikunyah. Kuahnya sangat enak dan gurih.

Apalagi dengan isian yang digunakan yaitu ayam rebus yang empuk dipotong kecil-kecil, rasanya sangat enak untuk disantap.

Rasanya gurih dipadukan dengan siomay dan juga cabai rawit bagi anda yang menyukai rasa pedas. Tempat paling terkenal untuk memamerkan hidangan ini adalah di Mie Lampung yang konon sudah ada sejak tahun 1969 lho.

Sudah buka cabang dengan jam buka dari jam 7 pagi Biasanya sudah selesai jam 2 siang lho. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mencicipinya.
3. Tempoyak
Khas Lampung Barat
Foto: https://www.instagram.com/poyokpetaibilis.klselangor/

Menu makan tempoyak merupakan salah satu signature dish yang sayang untuk dilewatkan. Hidangan ini terbuat dari durian yang difermentasi.

Menu ini seharusnya sudah dikenal di berbagai negara tetangga. Daging dipilih untuk persiapannya yang tidak banyak mengandung air.

Pisahkan bijinya terlebih dahulu. kemudian dilumuri garam ditambah cabai rawit. Kemudian difermentasi pada suhu udara yang sangat dingin.

Simpan selama 3 hingga 6 hari. Selanjutnya, Anda bisa mengolahnya dengan berbagai jenis ikan, dipadukan dengan bumbu dan digoreng.
4. Kue Lapis Legit
Foto: https://www.instagram.com/loyang.mas/

Lampung memiliki begitu banyak kuliner khas yang menggiurkan. Salah satunya adalah kue lapis asli yang benar-benar ada di Jawa.

Namun, menjadi sangat menggoda ketika Anda makan di sini. Mengapa? Karena bahan dasar yang digunakan adalah tepung kasava.

Produk olahan dari singkong yang membuat kue lebih lembut dan enak.

Kue ini biasanya disajikan saat hari raya atau saat upacara adat. Cengkih, kapulaga, kayu manis, vanili dan pala biasanya ditambahkan untuk membuatnya.
5. Gabing
Keistimewaan dari Nord-Lamping
Foto: https://www.instagram.com/daumahgallery/

Menu khas Lampung ini memang cukup langka. Salah satu penyebabnya adalah sulitnya menemukan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya, yaitu Tauge.

Atau kelapa muda di ujung pohon kelapa. Selain itu, kabinnya sendiri harus menunggu sekitar 5 tahun.

Rasanya gurih banget dengan perpaduan daging ayam atau sapi yang cukup empuk. Kelezatan Gabing membuat semua wisatawan mencobanya.

Hanya saja butuh banyak keberuntungan untuk bisa menikmatinya, jadi semoga bisa menikmatinya.

Sumber :