Minyak-bumi-Pengertian-Manfaat-Proses-Komponen-Jenis
Pendidikan

Minyak bumi: Pengertian, Manfaat, Proses, Komponen, Jenis

Pahami minyak mentah
Buka baca cepat

Minyak bumi adalah sumber daya alam berupa bahan bakar fosil berupa cairan kental berwarna coklat tua atau kehijauan yang mudah terbakar yang terdapat pada lapisan atas di beberapa area kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks hidrokarbon yang berbeda, terutama dari deret alkana, yang, bagaimanapun, berbeda dalam penampilan, komposisi dan kemurniannya.

Minyak-bumi-Pengertian-Manfaat-Proses-Komponen-Jenis
Manfaat Minyak Bumi

Berikut beberapa manfaat minyak bumi, diantaranya sebagai berikut:

Dapat digunakan sebagai bahan bakar.
Dapat digunakan sebagai sumber gas cair.
Dapat digunakan pada berbagai macam produk kimia seperti cat dan produk plastik.
Sumber produksi polimer.
Pembuatan bahan serat.
Sumber bahan poliuretan.
Produk dapur.
Sebagai bahan untuk produksi mobil, fluida untuk mobil seperti oli pelumas, rem, dan bahan bakar.
Sebagai sumber pengolahan pupuk.
Sebagai pembangkit listrik.
Dapat digunakan sebagai tenaga penggerak tenaga surya.

Proses pembentukan

Minyak bumi adalah bahan bakar yang dibuat secara alami dari fosil yang telah terkubur selama jutaan tahun. Fosil adalah sisa-sisa fosil dari tulang hewan tua atau sisa-sisa tumbuhan yang tertanam di bawah lapisan tanah

Terjadinya proses pembentukan minyak bumi dapat dijelaskan sebagai berikut:

Ini dimulai ketika tumbuhan atau hewan terkubur di lapisan kerak bumi selama jutaan tahun.
Tumbuhan dan hewan yang mati terbawa ke kerak bumi melalui pergerakan lempeng-lempeng bumi.
Semua sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang membatu bereaksi dengan energi panas bumi dan gas alam yang terbentuk secara alami. Inilah yang mengubah fosil menjadi cairan hitam atau minyak bumi.

Komponen minyak bumi

Berikut beberapa penyusun minyak bumi, diantaranya:
Baca lebih lanjut: Memahami Tawakal

1. Oksigen

Oksigen merupakan salah satu komponen minyak bumi yang konon mengandung oksigen, yang berasal dari hubungan antara minyak bumi dengan atmosfer udara. Hasil total minyak mentah harus antara 0,05 dan 1,5 persen dan meningkat tergantung pada titik didih fraksi. Oksigen juga dikatakan meningkat jika hubungannya dengan udara sangat lama. Senyawa yang terbentuk dapat berupa: alkohol, keton, eter, dll, sehingga dapat menimbulkan asam pada minyak bumi. Oksigen dapat menaikkan titik didih bahan bakar.
2. belerang

Sulfur merupakan salah satu komponen minyak mentah dengan kandungan sulfur yang lebih tinggi. Adanya sulfur dalam minyak bumi memiliki banyak konsekuensi, misalnya pada bensin dapat menyebabkan korosi (terutama pada kondisi dingin atau basah) akibat terbentuknya asam yang dihasilkan dari sulfur oksida dan air.
3. nitrogen

Minyak bumi tidak hanya menghasilkan oksigen, tetapi juga menghasilkan nitrogen, tetapi tidak sebanyak oksigen. Dan hasil nitrogen hanya sekitar 0,1 hingga 2%. Sifat racun dari nitrogen dikatakan menghasilkan getah atau jus dalam minyak pemanas.
4. Elemen logam

Minyak bumi juga menghasilkan banyak unsur logam berupa besi, tembaga, terutama nikel dan vanadium. Minyak bumi adalah cairan kental yang dianggap sebagai bahan bakar fosil sehingga cairan tersebut dapat menyebabkan kebakaran, juga dikenal sangat mudah terbakar. Minyak bumi juga dikatakan terdiri dari senyawa alkana. Minyak bumi, yang telah ada atau terkubur di kerak bumi selama jutaan tahun, berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan.
Jenis minyak bumi

Ada beberapa jenis minyak bumi diantaranya:
1. Bensin

Bensin, atau bensin, adalah bahan bakar yang sama populernya dengan minyak tanah. Bensin diekstraksi dari tahap distilasi minyak bumi dalam minyak mentah. Bensin yang digunakan sebagai bahan bakar mobil ditentukan oleh aspek bilangan oktan yang terkandung di dalam bensin. Semakin tinggi angka oktan pada bensin, semakin baik kualitasnya. Angka oktan dapat ditambahkan ke bensin dengan menambahkan zat seperti TEL dan MTBE.
Baca lebih lanjut: Komunikasi Online

2. Surya

Solar (solar) merupakan bahan bakar yang diperoleh dari proses penyulingan minyak mentah dengan cara dibakarnya pada suhu 200 hingga 300 derajat Celcius. Tenaga surya sehari-hari digunakan sebagai bahan bakar utama mesin diesel. Ini ditandai dengan warna agak kuning dan tidak mudah menguap pada suhu normal. Kualitas solar yang diuji antara lain menyangkut stabilitasnya selama penyimpanan dalam kurun waktu tertentu, viskositasnya, kandungan sulfurnya yang rendah, sifat mudah terbakar, dan minimisasi benturan.
3. Avtur

Turbin pesawat merupakan salah satu bahan bakar yang digunakan dalam industri pesawat terbang yang berguna untuk menggerakkan mesin turbin. Avtur terbuat dari minyak tanah yang diproses lebih lanjut. Kandungan energi pada avtur lebih besar dari pada minyak tanah, sehingga avtur menawarkan tenaga yang besar untuk menggerakkan p-turbin.

 

LIHAT JUGA :

https://jalantikus.app/
https://freemattandgrace.com/
https://merpati.co.id/
https://apkmod.co.id/
https://sel.co.id/
https://www.jawarafile.com/
https://www.ram.co.id/
https://situsiphone.com/
https://9apps.id/
https://ngegas.com/