Pendidikan

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli Dan Jenisnya

Definisi lingkungan

Secara umum pengertian lingkungan adalah keadaan fisik keseluruhan suatu kawasan yang meliputi keadaan sumber daya alam (tanah, air, mineral, energi matahari, tumbuhan, fauna), termasuk kelembagaan yang termasuk ciptaan manusia, seperti B. Keputusan tentang bagaimana menggunakan lingkungan fisik.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa yang dimaksud dengan lingkungan ini adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan satu sama lain serta saling mempengaruhi satu sama lain.

Lingkungan hidup ini terdiri dari beberapa komponen lingkungan yang dimiliki oleh semua makhluk hidup (biotik) maupun benda mati di bumi (abiotik). Komponen biotik ini seperti; Manusia, hewan, tumbuhan, mikroorganisme, sedangkan untuk komponen abiotik; Tanah, air, udara, cahaya, iklim, kelembaban …

Menurut para ahli, pahami lingkungan

Untuk lebih memahami lingkungan, kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli sebagai berikut:

1. Menurut Otto Soemarwoto

Konsep lingkungan ini mencakup semua benda dan kondisi yang terdapat pada ruang yang ditempati manusia dan yang mempengaruhi kehidupan manusia.

2. Setelah Emil Salim

Konsep lingkungan ini mencakup semua benda, kondisi, kondisi serta pengaruh yang ada pada ruang yang ditempati saat ini dan juga mempengaruhi kehidupan, baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan.

3. Menurut Munajat Danusaputra

Pengertian lingkungan ini mencakup semua benda dan kondisi, termasuk manusia dan aktivitasnya, yang terdapat dalam ruang di mana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan hidup serta mikroorganisme lainnya.

4. Menurut Michael Allaby Michael Allaby

Pengertian lingkungan ini adalah lingkungan fisik, kimiawi dan biotik yang mengelilingi kehidupan organisme.

5. Menurut S.J. Mcnaughton dan Larry L. Wolf

Pengertian lingkungan ini mencakup semua faktor eksternal yang bersifat biologis dan fisik, faktor-faktor tersebut secara langsung mempengaruhi kehidupan, perkembangan, pertumbuhan dan juga aktivitas reproduksi organisme.

Jenis lingkungan

Menurut penjelasan sebelumnya, lingkungan ini adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan dapat / dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Secara umum lingkungan ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, antara lain:

1. Lingkungan alam

Lingkungan alam ini merupakan lingkungan yang tersusun dari proses alam yang belum diperbarui dalam perkembangannya oleh manusia. Proses alam meliputi ekosistem dan semua komponennya, baik fisik maupun biologis.

Dalam hal ini, lingkungan alam tercipta secara dinamis tanpa campur tangan manusia. Beberapa contoh lingkungan alam ini, seperti; Hutan, lembah, bukit, gunung, laut, rawa dan sebagainya.

2. Lingkungan buatan

Lingkungan buatan ini adalah lingkungan yang dibuat melalui intervensi manusia yang ditargetkan. Secara umum, lingkungan buatan diciptakan oleh manusia dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

Tujuan terciptanya lingkungan ini adalah suap untuk ditempati oleh organisme, baik itu manusia, hewan, atau tumbuhan. Beberapa contoh lingkungan buatan ini seperti; Desa, sekolah, pasar, taman bermain, waduk, taman, dan sebagainya.

Unsur lingkungan

Menurut nomor undang-undang (UU). 23 Tahun 1997 dalam kaitannya dengan pengelolaan lingkungan hidup, pengertian lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ruang dengan segala benda, kekuatan, kondisi dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan hidup dan juga kesejahteraan manusia. dan makhluk hidup lainnya.

Sesuai dengan nomor Undang-Undang (UU). 23 tahun 1997 yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan, di bawah ini adalah beberapa unsur penyusun lingkungan hidup, diantaranya sebagai berikut:

Elemen biotik lingkungan; Lingkungan biotik ini merupakan bagian dari lingkungan hidup yang terdiri dari berbagai jenis organisme atau makhluk hidup yang terdapat di bumi (manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme).
Elemen lingkungan abiotik; Lingkungan abiotik ini terdiri dari benda mati di permukaan bumi yang memberikan manfaat dan juga mempengaruhi kehidupan organisme (tanah, udara, air, iklim, kelembaban, sinar matahari dan lain-lain).

Unsur lingkungan sosial budaya; Ini merupakan unsur lingkungan yang tersusun dari semua kegiatan sosial budaya manusia yang terstruktur dan membentuk suatu sistem (ide, nilai, norma dan lain-lain).

Penyebab kerusakan lingkungan

Seiring perkembangannya, lingkungan dapat rusak baik secara alami maupun melalui aktivitas manusia. Segala kerusakan dan pencemaran lingkungan secara alami menimbulkan masalah bagi kesehatan makhluk hidup, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan.

Polusi, serta kerusakan lingkungan, dapat terjadi baik melalui faktor alam maupun faktor buatan manusia. Berikut penjelasannya;

1. Faktor alam

Kerusakan lingkungan ini dapat disebabkan oleh bencana alam seperti tsunami, gunung meletus, gempa bumi, kekeringan, badai dan lain-lain. Meski bisa / bisa diprediksi, kejadian alam ini tidak bisa dicegah karena merupakan fenomena alam.

2. Faktor buatan

Kerusakan lingkungan dan pencemaran disebabkan karena faktor buatan manusia tersebut umumnya dilakukan oleh manusia. Keinginan manusia untuk hidup lebih baik dengan mengonsumsi sumber daya alam ini dapat menyebabkan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan. Eksploitasi sumber daya alam pada akhirnya akan merusak dan mencemari lingkungan dan tentunya mengganggu keseimbangan ekosistem.

Sekian dan terima kasih telah membaca tentang pengertian lingkungan, jenis, unsur, konsep dan menurut para ahli semoga yang diuraikan dapat bermanfaat bagi anda.

Sumber :