Persebaran Fauna di Dunia

Persebaran Fauna di Dunia

Menurut Alfred Russel Wallace, persebaran fauna di dunia dapat dibagi menjadi enam wilayah persebaran, yaitu tipe paleartik, Ethiopian, oriental, Australian, neotropik, dan neartik.

  1.    Paleartik

Persebaran fauna tipe paleartik meliputi wilayah Benua Asia bagian utara, Benua Asia bagian timur, dan Benua Eropa. Jenis fauna yang termasuk tipe paleartik, antara lain rusa kutub, beruang kutub, serigala, panda, dan ikan tuna.

  1.    Ethiopian

Persebaran fauna tipe Ethiopian meliputi Benua Afrika dan wilayah timur tengah bagian selatan (Semenanjung Arabia). Fauna khas Ethiopian, di antaranya zebra, jerapah, unta, singa, badak Afrika, dan kuda nil. Terdapat juga jenis burung, seperti burung merpati dan burung pelatuk.

  1.    Oriental

Persebaran fauna tipe oriental meliputi Benua Asia bagian selatan dan tenggara serta sebagian Benua Asia bagian tengah. Fauna tipe oriental, misalnya harimau, gajah, orang utan, monyet, bekantan, badak, dan tapir. Terdapat juga tipe fauna endemik (hanya hidup di daerah tertentu) seperti anoa di Sulawesi dan komodo di Pulau Komodo.

  1.    Australian

Persebaran fauna tipe Australian meliputi Benua Australia, Selandia Baru, Pulau Papua, Kepulauan Maluku, dan pulau-pulau kecil di Samudra Pasifik. Fauna tipe Australian memiliki ciri khas berupa binatang berkantung. Binatang berkantung tipe Australian, misalnya kanguru, wallaby, dan oposum. Terdapat juga berbagai jenis burung, seperti kasuari, cenderawasih, kiwi, dan kakatua. Selain itu, terdapat fauna khas seperti koala dan platypus.

  1.    Neotropik

Persebaran fauna tipe neotropik meliputi Benua Amerika bagian selatan dan tengah. Fauna tipe neotropik didominasi oleh jenis fauna vertebrata. Fauna tipe neotropik, misalnya alpaka (ilama), kukang, jaguar, berbagai jenis reptil, berbagai jenis burung, dan piranha.

  1.    Neartik

Persebaran fauna tipe neartik meliputi Benua Amerika bagian utara dan Greenland. Fauna tipe neartik, misalnya bison, kalkun, kambing gunung, mockingbird (sejenis burung), salamander, caribou (jenis rusa), dan musk oxen (seperti bison).


Baca Artikel Lainnya: