Penyebab Power Window Macet dan Cara Mengatasinya
Umum

Penyebab Power Window Macet dan Cara Mengatasinya

Jendela mobil diblokir? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Power Window Macet dan Cara Mengatasinya

Power window merupakan salah satu komponen terpenting pada setiap mobil saat ini karena dengan fungsi tersebut dapat memudahkan Anda dan penumpang di dalam mobil untuk membuka tutup kaca hanya dengan satu tombol di samping pintu bagian dalam.

Namun, perkembangan teknologi ini juga membawa potensi masalah baru. Salah satunya adalah kondisi power window yang macet. Dalam hal ini tentunya pengemudi dan penumpang akan merasa tidak nyaman, karena kaca jendela mobil dinaikkan dan diturunkan secara manual dengan tangan.

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, jangan bingung dan coba lakukan hal-hal berikut untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi power window yang macet:

Ada beberapa komponen yang sering menyebabkan power window tiba-tiba terkunci. Setidaknya tiga komponen ini yang sering menjadi biang keladinya:
1. Nyalakan power windows

Sakelar pada power window berbeda dengan sakelar lampu atau sakelar lainnya. Sedangkan untuk mekanisme sistemnya, menyalakan power window sedikit lebih rumit karena pada saklar terdapat 3 perintah yaitu window up, window down dan off sedangkan saklar biasanya hanya memiliki dua perintah yaitu on dan off.
Viral: Ini Estimasi Biaya Pengecatan Mobil di Bengkel Cat Mobil Resmi

Selain sistem mekanis yang rumit, penggunaan sakelar, yang cukup umum dalam perjalanan, juga dapat memengaruhi masa pakai komponen ini. Jadi saat saklar rusak, gejala pertama yang muncul berupa jendela pengatur yang terkadang lengket. Jika Anda mengalami masalah dengan power window ini, solusinya adalah segera ganti saklar power window yang macet dengan yang baru.
2. Jendela daya

Sistem kerja listrik power window ini didasarkan pada motor listrik sebagai penggerak utama, sehingga motor listrik power window seperti motor listrik pada umumnya juga dapat mengalami kendala. Motor listrik pada pengatur jendela yang rusak biasanya terletak pada sikat atau sikat motor, sikat itu sendiri memiliki fungsi untuk menyalurkan arus dari sumber listrik ke rotor yang berputar dari motor pengatur jendela. Karena sifat rotor yang terus berputar, maka sikat otomatis selalu bergesekan dengan rotor, gesekan ini akan menyebabkan sikat perlahan-lahan terkikis, sehingga lama kelamaan akan aus dan tidak dapat lagi mengalirkan air. arus dengan sempurna yang pada akhirnya akan menyebabkan power window mobil anda lengket.

Masalah dengan kuas yang aus biasanya hanya terjadi pada satu pintu. Cara mengetahuinya misalnya power window kiri depan tersumbat, lalu coba saklar sisi driver naik turun, jika sama tidak bisa, bisa dipastikan motor power window bermasalah, tapi jika motor power window bisa dinaikkan dan diturunkan dengan sakelar driver, ada kemungkinan hanya sakelarnya yang rusak.
Viral: Temukan harga mobil Sienta idaman Anda disini

Masalah dengan motor jendela listrik Anda adalah bahwa solusinya adalah Anda hanya perlu mengganti sikat, tetapi biasanya bengkel akan merekomendasikan Anda untuk mengganti satu set motor jendela karena sulit untuk menemukan komponen rakitan sikat.
3. Rel kaca terlalu kotor

Penyebab utama power window macet biasanya ketika rel kaca terlalu kotor. Kondisi rel kaca yang kotor tentunya akan menghambat pergerakan kaca, sehingga biasanya akan timbul suara bising saat kaca dinaikkan dan diturunkan. Hal ini sebenarnya cukup sepele, namun jika dibiarkan terus menerus efeknya juga akan merusak komponen jendela motor.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu merawat dan memeriksa rel kaca agar tetap bersih. Disarankan agar kaca splint dibersihkan secara rutin setiap enam bulan sekali menggunakan penyemprot silikon yang tersedia di pasaran.

Sumber :