Promosi adalah: jenis, kegunaan, tujuan, fungsi, strategi
Definisi periklanan
Buka baca cepat
Periklanan merupakan upaya yang dilakukan perusahaan untuk membangun pemahaman, pengetahuan, mengiklankan dan menyampaikan kepada pelanggan untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan perusahaan. Cara promosi bisa dilakukan melalui media sosial, secara langsung, dll.
Pengertian pendanaan menurut para ahli
Berikut pengertian periklanan menurut para ahli yaitu:
1. Setelah Henry Simamora (2000: 754)
“Periklanan adalah komunikasi informasi antara penjual dan calon pembeli atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan pelaku.”
2. Menurut Tjiptono (2008: 219)
Periklanan adalah “Suatu bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi / membujuk dan mengingatkan target pasar atau perusahaan dan produknya agar siap menerima produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan untuk diterima, beli dan tetap setia pada mereka. ”
3. Menurut Alma (2007: 179)
Periklanan adalah “jenis komunikasi yang memberikan penjelasan yang meyakinkan tentang barang dan jasa kepada calon konsumen”.
4. Setelah Basu Swastha dan Iriawan
Pengertian iklan adalah insentif jangka pendek untuk mempromosikan pembelian atau penjualan suatu produk atau layanan.
5. Menurut Stanson
Periklanan adalah strategi kombinasi terbaik dari variabel periklanan, penjualan tatap muka, dan materi promosi lainnya, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
6. Menurut Lamb, Hair, Mc-Daniel
Periklanan diartikan sebagai komunikasi oleh penjual yang menginformasikan, membujuk dan mengingatkan calon pembeli tentang suatu produk untuk mempengaruhi pendapat mereka atau mendapatkan tanggapan.
Jenis Promosi
Dilakukannya kegiatan promosi untuk beberapa faktor yang terdapat didalamnya dan faktor-faktor tersebut harus dipadukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan. Ada beberapa jenis promosi yaitu sebagai berikut:
periklanan
Jenis berikut digunakan dalam periklanan termasuk:
Iklan cetak, misalnya koran, majalah dan lain-lain.
Iklan elektronik seperti website, radio, televisi, dan lain-lain.
Transit iklan, misalnya buletin, poster atau spanduk, stiker dan lain-lain.
Pengiriman langsung adalah barang cetakan layar yang dikirim langsung ke tujuan melalui pos.
Iklan khusus adalah berbagai item berupa hadiah.
penjualan pribadi
Personal sale adalah verbal dan personal care suatu barang kepada satu atau lebih pelanggan dengan keinginan agar barang yang ditawarkan dapat dijual. Hal ini terutama berlaku untuk produk yang unik atau memiliki nilai per unit yang sangat tinggi, atau yang telah dirancang dengan mempertimbangkan minat khusus. Saat Anda melakukan demonstrasi, tunjukkan kepercayaan pelanggan potensial.
Promosi penjualan
Promosi penjualan merupakan salah satu bentuk periklanan yang dilakukan untuk memudahkan pembelian barang di perusahaan. Media yang digunakan untuk promosi penjualan adalah sebagai berikut:
Paket harga adalah harga produk yang memiliki harga lebih rendah dari harga biasanya jika pelanggan membeli produk dalam jumlah yang ditentukan.
Penawaran uang kembali adalah penawaran yang dilakukan ketika ada masalah dengan produk dan harga produk yang dibeli sesuai dengan produk tersebut. Uang tersebut akan dikembalikan ke pelanggan.
Undian adalah bentuk periklanan dengan cara mengajak pelanggan mengumpulkan label yang diisi nama produk untuk kemudian diundi dan mendapat hadiah dari perusahaan.
Manfaat promosi
Di bawah ini adalah beberapa keuntungan beriklan:
Pahami produk yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan
Untuk memahami tahapan kebutuhan pelanggan akan produk
Pahami bagaimana memahami produk dan mempresentasikannya kepada pelanggan
Pahami harga sesuai dengan situasi pasar
Untuk memahami strategi periklanan yang tepat untuk pelanggan
Pahami dan atasi keadaan persaingan pasar
Buat gambar produk
Tujuan periklanan
Di bawah ini adalah beberapa tujuan aksi:
Memberikan informasi tentang barang atau jasa perusahaan kepada pasar atau pelanggan
Perolehan pelanggan baru dan loyalitas pelanggan atas pembelian dan penggunaan produk dan jasa di perusahaan
Untuk meningkatkan penjualan, sehingga laba perusahaan meningkat
Memilah produk perusahaan dan mengandalkannya untuk disamakan dengan produk pesaing
Adaptasi citra produk atau jasa serta nama perusahaan di mata pelanggan
Ubah sikap dan ide terhadap pelanggan
Baca lebih banyak
LIHAT JUGA:
https://memphisthemusical.com/
https://officialjimbreuer.com/
https://timeisillmatic.com/
https://votizen.com/
https://boutiquevestibule.com/
https://ariatemplates.com/
https://worldbeforeher.com/
https://thinknext.net/
https://bootb.com/
https://excite.co.id/