Teknologi

Semua Pengguna WhatsApp Kini Bisa Pakai Dark Mode, Begini Caranya

Setelah uji coba selama beberapa bulan, akhirnya fitur WhatsApp yang ditunggu-tunggu datang juga. Mulai hari ini, Rabu (4/3), semua pengguna WhatsApp, baik Android maupun iOS, dapat menggunakan fitur dark mode atau tampilan gelap di aplikasi pesan tersebut.
Menurut laporan The Verge, Facebook mulai menggulirkan fitur dark mode untuk semua pengguna WhatsApp di beberapa pasar, termasuk Indonesia. Mereka menjelaskan fitur dark mode dapat menurunkan kecerahan layar ponsel sehingga membawa kenyamanan bagi pengguna.
“Selama pengujian kami menemukan bahwa menggabungkan warna hitam dan putih murni akan menciptakan kontras tinggi yang dapat menyebabkan kelelahan mata. Jadi sebagai gantinya, Anda akan melihat latar belakang abu-abu gelap khusus dan warna putih pudar yang menurunkan kecerahan layar, mengurangi cahaya, dan meningkatkan kontras dan keterbacaan,” jelas juru bicara WhatsApp.
Dalam video promosi yang ditampilkan WhatsApp untuk fitur dark mode, memperlihatkan bagaimana banyak pengguna yang merasa terganggu dengan tingkat kecerahan layar saat kondisi gelap atau di saat malam hari. Kondisi itu membuat layar smartphone begitu menyilaukan pengguna. Fitur dark mode akan menguranginya.
WhatsApp memberikan pembeda antara fitur dark mode di iOS dan Android. Bedanya adalah tema gelap WhatsApp sebagian besar akan berwarna hitam pekat di perangkat iOS, sementara di Android akan berwarna abu-abu gelap.
Untuk menggunakan fitur dark mode di WhatsApp, pengguna bisa mengikuti langkah di bawah ini.
– Pastikan sudah terinstal aplikasi WhatsApp terbaru di Android dan iOS
– Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
– Pilih menu “Settings”, lalu pilih bagian “Chats”.
– Masuk ke menu “Theme”. Di sana ada dua pilihan pengaturan, pertama “Light” pengaturan tampilan normal. Dan kedua, “Dark” untuk tampilan gelap.
Semua Pengguna WhatsApp Kini Bisa Pakai Dark Mode, Begini Caranya (1)

Lihat Juga: bonline.id

Sebelumnya, WhatsApp juga dilaporkan sedang mengembangkan fitur dark mode untuk WhatsApp Web dan aplikasi desktop. Namun, hingga kini belum ada informasi jelas kapan fitur tersebut dapat digunakan.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Web

Dalam cara berikut ini, saya akan menggunakan ekstensi bernama Stylus. Ekstensi ini gratis, dan bisa kalian gunakan di browser Firefox atau Chrome.

Ekstensi ini bekerja menggunakan CSS khusus. Selain untuk WhatsApp, Stylus juga bisa kalian gunakan untuk website lain atau aplikasi Android.

Sebagai contoh, saya akan menggunakan Chrome dalam artikel kali ini. Jika kalian menggunakan Firefox, jangan khawatir. Sebab caranya hampir sama kok.

  • Buka browser Chrome di komputer kalian.
  • Klik menu yang ada di sudut kanan atas browser.
  • Klik menu ‘More Tools > Extentions.’
  • Klik menu Extentions yang ada di sudut kiri atas.
  • Klik menu ‘Open Chrome Web Store.’
  • Di kolom pencarian, ketik ‘stylus.’
  • Tekan tombol ‘Enter’ di keyboard.
  • Pilih ekstensi ‘Stylus Redesign The Web.’
  • Klik tombol ‘Add to Chrome.’
  • Pilih tombol ‘Add extentions.’
  • Setelah itu klik tautan ini untuk mengunduh dark mode.
  • Klik tombol ‘Install Style > OK.’

Setelah itu, WhatsApp web otomatis akan berubah menjadi dark mode. Untuk memeriksanya, kalian bisa langsung buka WhatsApp web di browser. Bagaimana, mudah bukan? Kalau begitu, selamat mencoba.

 
Salah satu keuntungan dari fitur dark mode adalah menghemat daya baterai, terutama jika perangkat menggunakan layar OLED atau AMOLED. Menggunakan dark mode juga dianggap dapat membantu mereka yang menderita migrain, menurunkan ketegangan mata, hingga membuat tidur jadi lebih baik.
Mau menggunakan dark mode di aplikasi WhatsApp? Selamat mencoba ya!