tulang-rusuk
Pendidikan

Pengertian Tulang Rusuk, Letak, Struktur, Jumlah dan Fungsi

Definisi tulang rusuk

tulang-rusuk

Secara anatomi, tulang rusuk atau tulang rusuk (ribs) ini merupakan tulang lengkung panjang yang menyusun rongga tulang rusuk. Tulang rusuk ini melindungi dada (toraks), paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lain di rongga dada.

Pada mamalia, tulang rusuk hanya ada di dada. Namun, pada reptil, tulang rusuk terkadang menjulur dari leher ke sakrum. Ada berbagai jenis ikan yang dapat memiliki hingga 4 tulang rusuk di setiap tulang belakang.

Baik manusia pria maupun wanita memiliki 24 tulang rusuk (12 pasang). Hal ini pertama kali dikemukakan oleh Vesalius pada tahun 1543 untuk menyelesaikan kontroversi yang kemudian timbul.

Tulang rusuk (costa) ini merupakan tulang yang membentuk kerangka manusia yang melengkung dan juga merupakan sebagian besar rangka dada. Di sisi kiri dan kanannya berjajar 12 tulang rusuk, yang juga disusun sedemikian rupa. Diselingi dengan ruang yang disebut bagian antara tulang rusuk.

Struktur bagian tulang rusuk

Tulang rusuknya ada 24 atau 12 pasang yang dipasangkan kiri dan kanan. Namun, beberapa orang memiliki tulang rusuk ekstra, dan beberapa benar-benar kehilangan tulang rusuk.

Tujuh pasang tulang rusuk pertama ditempelkan di depan dada, tulang kuat berada di tengah dada, dan sisa tulang rusuk tidak menempel langsung ke tulang dada. 3 pasang berikutnya berada pada tulang rawan pada tulang rusuk, 2 (dua) pasang terakhir tulang rusuk disebut tulang rusuk mengambang karena tulang rusuk tidak terhubung dengan tulang dada dari tulang rusuk. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tulang rusuk akan menempel di tubuh.

Tulang rusuk terbagi menjadi 3 bagian yaitu rusuk palsu, rusuk asli, dan rusuk mengambang.

Iga palsu

Ada 3 pasang tulang rusuk prostetik, tulang rusuk ini sangat pendek dibandingkan dengan tulang rusuk asli, tulang ini berhubungan langsung dengan tulang belakang punggung, sedangkan untuk ketiga ujung tulang rawan anterior dihubungkan, yang kemudian dilekatkan pada suatu titik. tulang dada.

Iga asli

Ada 7 pasang tulang rusuk asli, tulang rusuk ini berada di bagian belakang yang berhubungan langsung dengan tulang belakang, sedangkan untuk ujung depan terhubung ke tulang dada dengan perantara yang ditopang oleh tulang rawan.

Iga mengambang

Ada 2 pasang rusuk apung. Tulang rusuk ini sama dengan tulang asli, terletak di bagian paling belakang dan terhubung ke tulang belakang, tetapi ujung depannya bebas atau tidak terhubung ke bagian tulang yang lain.

Fungsi tulang rusuk

Di bawah ini adalah fungsi dari tulang rusuk, diantaranya sebagai berikut:

  • Sebagai pelindung organ penting seperti jantung, hati dan paru-paru.
  • Untuk membantu pernapasan sementara otot interkostal menaikkan dan menurunkan tulang rusuk, lepaskan dan embuskan juga. Terlepas dari kenyataan bahwa kerangka melatih otot-otot dada, punggung dan perut dan korset bahu bagian atas dapat dipasang, diafragma ini juga menempel pada tepi bawah tulang rusuk.
  • Tanpa tulang rusuk kita tidak bisa / tidak bisa bernapas dengan tenang dan tanpa tulang rusuk tidak ada perlindungan untuk organ penting di tubuh kita.

Demikian penjelasan tentang pengertian tulang rusuk, kedudukan, struktur, bilangan dan fungsinya. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :